Pelatihan Peningkatan Kualitasa Admin Website Desa di Kecamatan Belik

Para peserta sedang mempraktikan cara penulisan berita di website Desa. Foto oleh Zainal (tim PUSPINDES)
Para peserta sedang mempraktikan cara penulisan berita di website Desa. Foto oleh Zainal (tim PUSPINDES)
Para peserta sedang mempraktikan cara penulisan berita di website Desa. Foto oleh Zainal (tim PUSPINDES)

Rabu (31/01), Desa Simpur yang diwakili oleh Abdul Rohman selaku admin Desa Simpur mengikuti kegiatan Pelatihan Optimalisasi Website Desa di ruang sekertariat PKK Kecamatan Belik. Pelatihan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan DINPERMASDES Kabupaten Pemalang beserta tim PUSPINDES.

Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB, dengan pembukaan yang disampaikan oleh Sri Mulyati selaku Kasi PMD Kecamatan Belik dan dilanjutkan pengarahan oleh Indarto Selaku Kasi PID DINPERMASDES Kabupaten Pemalang. Selanjutnya masuk ke acara inti yang di isi oleh tim dari PUSPINDES sebagai mentor yang membawakan materi tentang Jurnalisme Warga atau yang biasa disebut Citizen Journalism. Pelatihan ini di agendakan untuk dihadiri oleh 6 (enam) desa namun yang hadir pada hari hanya 5 (lima) desa dengan absennya Desa Gunung Jaya. Adapun kelima desa yang hadir, yaitu:

  1. Desa Simpur
  2. Desa Gombong
  3. Desa Mendelem
  4. Desa Kalisaleh
  5. Desa Kuta

Indarto mengatakan bahwa program ini merupakan tindak lanjut atas instruksi dari Gubernur Jawa Tengah dan juga menjadi salah satu persyaratan untuk pencairan dana BKKD.

“Gubernur (Jawa Tengah) sudah menginstruksikan kepada seluruh Desa agar memiliki website dan aktif untuk mengelolanya.” ujar Indarto dari DINPERMASDES Kab. Pemalang.

“Selain itu keaktifan dalam mengelola sistem informasi Desa (website Desa) juga menjadi salah satu persyaratan pencairan dana BKKD di tahun 2018 ini.” imbuhnya.

Untuk diketahui bahwa program pelatihan optimalisasi website Desa ini sudah berlangsung 12 kali, dimana diselenggarakan pertama kali pada Senin, (15/01) di Kecamatan Pemalang. Program ini menyasar semua Desa yang belum aktif dalam mengelola website nya.

Di Kabupaten Pemalang sendiri setiap tahunnya juga diadakan lomba website Desa yang pada 2018 menginjak kali ke 3. Event tersebut diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap admin desa yang sudah aktif mengelola website Desanya dan aktif menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan